Peneliti MIT Kembangkan Headset AlterEgo yang Bisa Melacak Aktivitas Otak

Perangkat yang disebut AlterEgo ini dirancang untuk dikenakan di sekitar telinga dan dapat mendeteksi sinyal listrik yang dihasilkan ketika seseorang berpikir untuk berbicara

Teknologi, Utama163 Views

Fronetzy – Peneliti di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) mengembangkan headset yang dapat melacak aktivitas otak. Perangkat yang disebut AlterEgo ini dirancang untuk dikenakan di sekitar telinga dan dapat mendeteksi sinyal listrik yang dihasilkan ketika seseorang berpikir untuk berbicara. Sinyal tersebut kemudian dikirim ke komputer, yang dapat menafsirkannya dan menerjemahkannya menjadi kata-kata.

Headset AlterEgo merupakan terobosan di bidang brain-computer interfaces (BCIs), yaitu perangkat yang memungkinkan orang mengendalikan komputer atau mesin lain menggunakan pikiran mereka. BCI telah ada selama beberapa dekade, tetapi biasanya memerlukan pembedahan invasif untuk menanamkan elektroda langsung ke otak. Headset AlterEgo, di sisi lain, tidak invasif dan dapat dipakai seperti headset biasa.

Headset ini bekerja dengan mendeteksi sinyal listrik halus yang dihasilkan oleh otot-otot di wajah dan rahang saat seseorang berpikir untuk berbicara. Sinyal-sinyal ini kemudian dikirim ke komputer, yang menggunakan algoritme pembelajaran mesin untuk menafsirkannya dan menerjemahkannya menjadi kata-kata. Kata-kata tersebut kemudian dikirim kembali ke pengguna melalui speaker konduksi tulang, yang mentransmisikan suara melalui tulang tengkorak.

Headset AlterEgo memiliki beberapa aplikasi potensial, termasuk membantu penyandang disabilitas bicara untuk berkomunikasi dengan lebih mudah. Itu juga bisa digunakan untuk mengontrol perangkat seperti smartphone atau komputer hanya dengan menggunakan kekuatan pikiran. Para peneliti di balik perangkat tersebut juga menjajaki kemungkinan menggunakannya untuk membantu orang dengan kondisi seperti penyakit Parkinson atau ALS, yang dapat menyebabkan kesulitan berbicara.

Salah satu keunggulan utama headset AlterEgo adalah tidak invasif, yang berarti tidak memerlukan pembedahan atau prosedur invasif lainnya. Ini membuatnya mudah dan lebih aman untuk digunakan dari pada BCI lainnya, yang bisa berisiko dan mahal. Headset AlterEgo juga relatif murah, artinya dapat diakses oleh banyak orang.

Headset AlterEgo masih ditahap pengembangan, dan masih banyak hal yang perlu dilakukan sebelum siap digunakan secara luas. Namun, para peneliti di balik perangkat tersebut optimis dengan potensinya, dan mereka yakin perangkat ini dapat merevolusi cara kita berinteraksi dengan komputer dan mesin lain.

Headset AlterEgo adalah terobosan di bidang antarmuka otak-komputer, dan memiliki potensi untuk merevolusi cara kita berinteraksi dengan komputer dan mesin lainnya. Perangkat ini non-invasif, relatif murah, dan memiliki beragam aplikasi potensial. Meski masih dalam tahap awal pengembangan, para peneliti di balik perangkat tersebut optimis dengan potensinya, dan mereka percaya bahwa perangkat ini dapat membantu meningkatkan kehidupan banyak orang di masa mendatang.